Sabtu, 29 Maret 2014













UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATA PELAJARAN FIQIH
SISWA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA
DI MA MIFTAHUL HUDA RAWALO BANYUMAS


Diajukan untuk melengkapi persyaratan

Penyelsaian Praktik pengalaman Lapangan

















Disusun Oleh :
RUSMAN



Disusun Oleh:

RUSMAN











PROGRAM STUDI PENDIDIDKAN AGAMA ISLAM

STAI MIFTAHUL HUDA AL- AZHAR (STAIMA)KOTA BANJAR

TAHUN 2013M/2014H







PENGESAHAN LAPORAN INDIVIDU

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATA PELAJARAN FIQIH
SISWA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN DEMONTRASI

PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

TAHUN AKADEMIK2013/2014

Di MA MIFTAHUL HUDA RAWALO BANYUMAS









Guru pembimbing: TandaTangan/tgl…./…/2014

1) Asasul Baidlo QA,S.Hi.,M.H …………………….

2) Taufiqurrohman …………………….



Dosen Pembimbing:



Imam Alfi,S.Sos.I,. M.Si











DAFTAR ISI

Halaman

Kata Pengantar ……………………………………………………………… i

Daftar isi …………………………………………………………………… ii

Halaman Pengesahan………………………………………………………. iii


BAB

I

PENDAHULUAN

1






A. Latar Belakang Masalah……………………………….

1






B. Rmusan Masalah.………………………………………

1






C. Tujuan Penelitian………………………………………

1






D. Manfaat Penelitian…………………………………….

1


BAB

II

HIPOTESIS TINDAKAN……………………………………..

2


BAB

III

METODEOLOGI PENELITIAN……………………………...

3






A. Setting Penelitian………………………………………

3






B. Rencana tindakan………………………………………

3






C. Indikator Keberhasislan ……………………………….

7






D. Analisis Data…………………..…………………….....

8


BAB

IV

HASISL PENELITIAN………………………………………..

9






A. Deskripsi Hasil Penelitian……………………………..

9


BAB

V

PENUTUP……………………………………………………..

12






A. Kesimpulan …………………………………………..

12






B. Kritik dan saran……………………………………….

13






BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang aktif,kreatif dan inovatif dengan pendekatan strategi dan metode pembelajaran yang sebagian prosesnya menitik beratkan pada aktifnya keterlibatan siswa.

Pembelajaran konvensional yang terpusat pada dominasi guru, sehingga siswa menjadi pasif, sudah di anggap tidak efektif lagi dalam menjadikan pembelajaran yang bermakna, karena tidak memberikan peluang kepada siswa untuk berkembang secara mandiri. Sering kali seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran kurang memperhatikan pendekatan, strategi dan metode apa yang sesuai yang harus di sajikan dalam satu materi atau pokok bahasan. Namun demikian , sampai saat ini hasilnya masih belum cukup memuaskan.

Fakta ini menjadi gambaran bahwa guru sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan belum berhasil secara maksimal dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Untuk itu guru di tuntut untuk melaksanakan terobosan baru dan mengadakan perubahan terhadap paradigma pembelajaran yang selama ini di jalankan.

B. Rumusan Masalah

1. Bagaimana mengatasi kesulitan siswa dalam mempraktekan konsep yang di pelajari?

2. Bagaimana penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran pikih kelas Xdi MA MIftahul Huda

C. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari PTK ini adalah untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mempraktekan konsep yang di pelajari dan meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran fikih melalui metode penerapan demonstrasi

D. Manfaat Penelitian

Bagi penulis, penelitian ini mampu meningkatkan kemampuan dalam merancang strategi dan metode pembelajaran yang bervariasi dalam penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran.




BAB II

HIPOTESIS TINDAKAN

Di duga prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MA Miftahul Huda akan meningkat dengan penerapan metode demonstrasi, karena dengan model pembelajarn seperti ini siswa tidak mudah jenuh, siswa juga bisa mengamati benda yang di pragakan dengan model ini juga siswa dapat dengan mudah mengamati, sehingga guru mudah dalam penlitian, pengamatan siswa. Guru dapat dengan mudah dalam menyampaikan materi ajar. Di samping itu juda siswa dapat menayakan dengan leluasa apa yang belum paham selama guru menyampaikan materi tersebut.


BAB III

METODELOGI PENELITIAN

A. Setting Penelitian

Sesuai dengan jenis penelitian yang di pilih, yaitu penelitian tindakan, maka penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan dari kemmis dan taggart( dalam arikunto,2002:83) yaitu berbentuk spiral dan siklus yang satu kesiklus yang lain. Setiap siklus meliputi: planning( rencana), action (tindakan), observation (pengamatan) dan reflection (reflrksi). Langkah pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah di revisi, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebelum masuk pada siklus I di lakukan tindakan pendahuluan yang berupa identifikasi permasalahan. Siklus spiral dari tahap tahap ptk.
Refleksi Rencana Putaran

Tindakan Putaran
Refleksi Rencana yng di revisi

Tindaka
Repleksi Rencana yang di revisi Putaran

Tindakan

Gambar 1: Alur PTK

Gambar diatas dapat di jelaskan bahwa rancangan/rencana awal, merupakan kegiatan yang di lakukan sebelum mengadakan penelitian. peneliti menyusun rumusan masalah, tujuan dan membuat rencana tindakan. termasuk di dalamnya instrumen penelitian dan perangkat pembelajaran. Kegiatan dan pengamatan meliputi tindakan yang di lakukan oleh peneliti sebagai upaya membangun prestasi belajar siswa serta mengamati hasil atau dampak di terapkannya metode belajar demonstrsi.

B. Rencana Tindakan

a) Persiapan PTK

Sebelum mengadakan PTK peneliti menyiapkan hal-hal yang di perlukan yaitu melakukan observasi kelas, konsultasi dan diskusi dengan guru bidang studi, menyusun RPP, mempersiapkan bahan ajar dan media pembelajaran, mempersiapkan lembar observasi.

b) Subjek Penenlitian

Penelitian ini bertempat di MA Miftahul Huda. dengan subjek penelitian siswi siswi kelas X Umar bin khatab dengan jumlah siswa 22, terdiri dari 6 putra dan 16 putri dengan tingkat kemampuan yang beragam dan dengan latar belakang sosial ekonomi yang berbeda-beda, pada mata pelajaran fikih semester II dengan pokok bahasan bab kepemilikan dalam isalam. waktu penelitian 2 bulan (23 januari samapai dengan 28 februari 2014) dengan rincian pelaksanaan siklus I,kamis,16 dan 28 januari 2014 dan siklus II,sabtu, 29 januari dan 12 februari 2014

























.









Praktik Shalat Jenazah Kelas X Pura







Praktik Shalat Jenazah Kelas X Pura







kegiatan pramukaMA takhasus









Praktik mengkafani jenazah kelas X purta






Praktik mengkafani jenazah kelas X putri








Praktik pengangkatan jenazah ketika mau di kuburkan




Diskusi klompok