Senin, 01 September 2014

BENCANA LONSOR SIRANTI BONGAS

PEMALANG – Bencana tanah longsor, menerjang Desa SIRANTI  ,
Bongas, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah pada Minggu (2/2/2014). Longsoran mengakibatkan puluhan rumah penduduk di SIRANTI Desa Bongas mengalami kerusakan berat hingga ringan. Longsor ini diakibatkan hujan yang berkepanjangan dan kontur tanah yang tidak mampu menahan air sehingga mudah longsor.
Hampir setengah bulan 500 jiwa mengungsi akibat tanah longsor tersebut, mereka mengungsi di Masjid Dusun Siranti sebanyak 300 jiwa dan yang lainnya menumpang di rumah tetangga maupun saudaranya yang tidak mengalami kerusakan atau masih bisa ditempati. Pengungsi terdiri dari 50 anak balita, ibu hamil 4 orang, ibu menyusui 21 orang.
Selama mengungsi ini mereka jarang mendapatkan bantuan karena akses menuju titik pengungsian ini sangat sulit. Sehingga sering bantuan hanya berhenti di posko pengungsian yang berada di bawah.
Hari Selasa (11/2/2014) PKPU Cabang Yogyakarta mengirimkan 5 relawan rescue untuk mendistribusikan bantuan logistik berupa beras, sarden, abon, roti, minyak goreng, susu, alat tulis, dana baju. Tim rescue PKPU Yogyakarta yang berangkat pukul 05.30 WIB baru tiba di lokasi, Balai Desa Bongas pukul 15.30 WIB.
Sulitnya medan yang dilalui untuk mencapai titik pengungsian, tim rescue PKPU harus ganti mobil dengan menggunkan mobil pick up milik warga. Jika musim penghujan tiba maka jalan yang dilewati semakin sulit dan licin. Kiri dan kanan berupa tebing dan jurang yang sangat curam. Tim PKPU Yogyakarta baru sampai di titik pengungsian pada pukul 17.00 WIB.
Setiba di lokasi tim PKPU disambut Kepala Desa Bongas, Bapak Ali Imron. “Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada PKPU, donatur dan dermawan serta semua orang yang sudah peduli dengan warga kami yang mengalami musibah tanah longsor. Kami di kunjungi saja sudah sangat senang berarti ada yang peduli dengan warga kami, apalagi bapak-bapak dari PKPU kesini membawa bantuan untuk warga kami. Kami merasa sangat senang. Semoga PKPU dan para donatur yang sudah membantu kami selalu mendapat lindungan dari Allah. Dan ini semoga menjadi bencana yang terakhir bagi kami,” ujar Ali Imron.

Bantuan langsung diserahkan kepada korban tanah longsor di Desa Bongas, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang. Bantuan diserahkan langsung oleh perwakilan PKPU Yogyakarta, M Sholeh dan diterima Kepala Desa Desa Bongas, Bapak Ali Imron.
M Sholeh, perwakilan dari PKPU Yogyakarta mengatakan bahwa kegiatan ini adalah wujud kepedulian PKPU dan donatur untuk masyarakat yang mengalami bencana. “Kami mempunyai kewajiban untuk membantu, karena mereka adalah saudara kita dan wajib kita bantu. Terima kasih atas kerjasama dari para donatur yang telah menitipkan bantuannya melalui PKPU untuk masyarakat yang mengalami bencana di negeri ini,” kata M Sholeh.
Bagi masyarakat DI Yogyakarta dan sekitarnya yang ingin meringankan beban saudara kita yang terkena bencana dapat menghubungi PKPU Yogyakarta Jl Prof Dr Sardjito No.4 Prambatan Yogyakarta Telp. (0274) 555041, SMS Center 081904027735. Atau transfer via BCA 6000.427.444, BSM 700.504.6003. (PKPU/Gusput/Yogyakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar