Jumat, 29 November 2013

5 PEROBLEMATIKA REMAJA DALAM PERJALANAN HIDUPNYA


DUNUA REMAJA DAN PROBLEMATIKA



Banyak permasalahan yang muncul dalam setiap fase hidup kita. Saat kita balita, remaja, bahkan hingga kita dewasa nantinya. Berikut ini adalah masalah yang biasanya terjadi ketika kita menginjak usia remaja, yaitu:
1. Masalah berat badan, penampilan, dan masalah kesehatan lainnya. Masalah berat badan berlebih atau kurang, dapat mengakibatkan remaja tidak percaya diri dengan penampilannya. Dan hal ini dapat memicu tindakan ekstrim yang dapat mengganggu kesehatannya seperti anoreksia nervosa, bulimia nervosa, dan lain-lain.
2. Seks dan kehamilan di usia remaja. Salah pergaulan, kurangnya pendidikan dini tentang seks, dan rasa keingintahuan berlebih padaremaja dapat memicu kejadian ini.
3. Ketergantungan Obat dan Alkohol. Sama seperti kasus di atas, biasanya dipicu oleh salah pergaulan, dan rasa keingintahuan berlebih padaremaja.
4. Perkelahian dan Kekerasan. Awalnya hanya perbedaan pendapat yang sepele antara pihak yang satu dengan yang lain. Kemudian diikuti oleh rasa kesetiakawanan antar teman, dan akhirnya berujung pada kekerasan dan perkelahian, karena pihak yang satu telah dirugikan pihak yang lain.
5. Masalah keluarga. Biasanya dipicu dari kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya, orang tua terlalu sibuk, perceraian orang tua, pertengkaran orang tua, dan hal lain yang membuat anak tidak betah berada di rumah (broken home) dan akhirnya mencari pelarian untuk mendapatkan perhatian yang lain.
Semua itu adalah masalah yang dihadapi dunia remaja saat ini. Makin kompleks, apalagi dengan kondisi sekarang, dimana teman bisa menjadi musuh, dan musuh bisa menjadi teman. Maka dari itu selalu berhati hatilah memilih teman. Dan ingatlah, masalah ada untuk diselesaikan, bukan untuk dihindari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar